Rabu, 27 Mei 2009

http://blueroof.files.wordpress.com/2007/02/green-house.png?w=289&h=228

Hari gini berita yang ada di berbagai media ga jauh dariisu kekurangan minyak dan air bersih, pemanasan global dan emisi karbon dioksida. Masalah lingkungan yang kita hadapi bisa buat kita takut dan kalo dipikirin terus menerus mungkin bisa bikin kita frustasi. tapi sebenarnya perubahan kecil dapat membuat perubahan yang besar. Penghijauan planet kita ini ga perlu dengan kita ikut green peace atau yang lain – lain, cukup dari lingkungan kita sendiri dulu.



Berikut ini 10 ide praktis untuk melakukan penghijauan di rumah kita sekaligus melakukan penghematan uang J.



1. Ganti bohlam. Menggunakan bohlam fluoresen sangat baik untuk menghemat energi sekaligus menurunkan tagihan listrik. Memang harganya lebih mahal, tapi hanya menggunakan energi 75 persen lebih sedikit dan tahan 10 kali lebih lama.

2. Gunakan power strips dan matikan switchnya saat tidak digunakan.

3. Hemat air. Matikan kran air waktu kita gosok gigi, bercukur, cuci muka dan membilas toilet seperlunya. hal ini akan menghemat air ribuan gallon tipa tahunnya.

4. Gunakan tas kantiong kain. Penggunaan kantong kertas dan plastik di took- took membuat 1 jutaan pohon ditebang dan jutaan barel minyak habis. Lain kali saat berbelanja, bawalah kantong kain ( sekarang sudah tersedia di salah satu supermarket beli sekali untuk selamanya dan bisa ditukar kalau sudah rusak)

5. Mulai berkompos. Saat lahan tanah semakin langka, kita bisa dengan mudah mengurangi sampah dengan membuat tempat sampah kompos. Kompos meregenerasi tanah tandus tanpa penyubur sintetis, menghasilkan tanaman subur.

6. Berhenti minum air botolan. Dari pada membeli air botolan, belilah filter air yang bagus. Kebanyakan air botolan merupakan air yang diproses, dan jauh lebih mahal dibandingkan menyalakan kran air.

7. Hindari produk beracun. Kebanyakan produk rumah tangga, cat dan pestisida mengandung racun yang dapat merusak lingkungan dan kesehatan. Bcalah labelnya dan sebisa mungkin, pilihlah produk rumah tangga yang ramah lingkungan.

8. Kurangi penggunaan kertas dengan mengurangi pemakaian tissue kertas dengan sapu tangan, piring kertas dengan piring biasa. Belilah tissue toilet daur ulang. Gunakan kedua sisi kertas saat ngeprint atau mencetak. Bayar tagihan secara online Beli makanan yang tidak dikemas.

9. Buanglah sampah surat. Berbicara mengenai konsumsi kertas, rata-rata orang Indonesia menerima 21 kilo sampah surat setiap tahunnya. Luangkan waktu anda untuk mencabut nama anda dari daftar mailing list yang tidak diinginkan.

10. Belilah yang local dan organic karena kita dapat membatasi pestisida yang mengotori udara, tanah , air dan tubuh kita.

Sumber: zo3lianz.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar