Rabu, 27 Mei 2009

http://farm2.static.flickr.com/1106/1364496661_a5672de039.jpg

Saat melakukan renovasi rumah apa saja yang Anda perhatikan? Bisa jadi Anda mulai berpikir untuk mengganti pagar rumah Anda. Atau, Anda mulai berpikir mengubah desain dapur Anda agar menjadi dapur modern yang higienis dan sehat. Bahkan mungkin renovasi rumah mencakup mengubah desain kamar mandi agar tampak lebih modern. Namun, salah satu yang pasti menjadi perhatian Anda, apapun rencana Anda untuk melakukan renovasi rumah tentunya adalah menentukan warna ruang dalam rumah Anda.

Mengapa memilih warna ruang dalam rumah termasuk memilih warna cat tembok merupakan sesuatu yang mutlak harus direncanakan dengan matang? Karena warna suatu ruangan bisa mempengaruhi suasana hati dan mood seseorang. Warna ruangan berperan penting dalam desain interior rumah. Karena warna ruangan akan menggambarkan karakter pemilik rumah. Selain itu, pemilihan warna ruangan yang tepat bisa menjadi pemersatu keseluruhan ruangan yang ada di dalam rumah. Maka sebelum mengganti warna ruangan di dalam maupun warna rumah secara keseluruhan, sebaiknya Anda memahami makna dan pengaruh setiap warna.

Bagaimana warna ruangan bisa mempengaruhi mood seseorang saat berada di dalam ruangan tersebut? Apa saja makna dan pengaruh warna ruangan bagi suasana hati atau mood orang yang berada di dalamnya? Berikut ini beberapa penjelasan menarik mengenai pengaruh psikologi warna ruangan terhadap mood seseorang. Karena itu, pilihlah warna yang tepat sebelum Anda melakukan renovasi rumah Anda. Berikut ini beberapa warna utama yang bisa digunakan sebagai warna ruangan. Namun setiap warna bisa memiliki intesitas kekuatan warna yang berbeda-beda. Warna-warna di bawah ini dikelompokkan berdasar golongan utama penamaan warna dan bukan intensitasnya.

* Merah

Merah biasanya menampilkan kesan memiliki energi penuh, aktif, semangat dan kehangatan. Namun, merah dengan intensitas kuat bisa memberi kesan marah ataupun ambisi.

* Kuning

Kuning menggambarkan energi yang baik dan semangat seperti halnya matahari. Bisa juga melambangkan kemakmuran dan kemewahan seperti halnya emas yang berwarna kuning.

* Hijau

Hijau identik dengan alam. Karena itu, warna hijau bisa memberi suasana harmonis, teduh, santai, dan natural.

* Biru

Warna biru identik dengan langit biru dan laut biru. Karena itu, warna biru menggambarkan ketenangan, perasaan damai, kenyamanan, dan perlindungan.

* Putih

Putih merupakan warna netral yang cocok dengan warna apapun. Putih melambangkan kebersihan, netral, dan murni. Jika berlebih, warna putih akan menampilkan kesan dingin dan steril.

* Abu-abu

Warna abu-abu biasa digunakan untuk rumah bergaya minimalis. Warna ini dapat menampilkan suasana stabil, luas, menentramkan. Namun berhati-hatilah karena terlalu banyak menggunakan warna abu-abu akan membuat suasana dingin dan luas secara berlebihan.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar