Rabu, 27 Mei 2009

http://www.clickthecity.com/img2/articles/CTC-4600-image3.jpg

Dapur merupakan salah satu bagian rumah yang cukup penting. Dari tempat inilah, makanan Anda sehari-hari dipersiapkan, diolah sehingga siap saji di ruang makan keluarga Anda. Karena menjadi pusat pengolahan makanan di rumah, maka dapur perlu mendapat perhatian khusus.

Apa saja yang perlu menjadi perhatian khusus bagi dapur Anda? Antara lain adalah kebersihan, aliran udara atau sirkulasi udara dapur, maupun pencahayaan di dalam dapur. Semuanya penting untuk menjaga agar Anda memiliki dapur bersih dan sehat.

Kebersihan Dapur

Karena dapur merupakan pusat pengolahan makanan bagi rumah Anda, maka pastilah di dapur akan menghasilkan banyak sampah dan limbah. Sisa-sisa makanan yang diolah maupun sampah semua diletakkan di lokasi dapur. Tentu kebersihan dapur menjadi hal yang penting. Karena itu, agar sisa-sisa makanan, sampah, dan limbah di dapur Anda tidak menjadi tempat penyebaran bibit penyakit dan bau tidak sedap, maka dapur harus dijaga tetap bersih.

Cara menjaga kebersihan dapur dengan membersihkan setiap kali selesai memasak ataupun mempersiapkan makanan di dapur. Jika ada sisa minyak, makanan terjatuh, kuah yang terjatuh atau terciprat, maka sebaiknya segera dibersihkan. Sampah dapur apalagi sampah basah sebaiknya jangan dibiarkan lebih dari satu hari di dalam dapur Anda. Karena jika disimpan lebih dari satu hari di dalam rumah, akan menjadi tempat pembiakan bakteri dan jamur dalam rumah Anda.

Sirkulasi Udara Dapur

Selain masalah kebersihan dapur, aliran udara di dalam dapur juga perlu dijaga. Hal ini patut diperhatikan agar dapur tidak menjadi sumber bau tidak sedap. Ada dapat membuka jendela atau pintu ke udara terbuka agar ada sirkulasi udara di dapur lebih bersih. Namun jika tidak ada jendela atau pintu yang langsung ke udara terbuka, Anda dapat juga menggunakan cooker hood untuk menghisap udara dan asap di dalam dapur ke luar ruangan.

Sumber: kumpulaninformasi.wordpress.com

1 komentar:

  1. Halo Admin http://rumahtamanku.blogspot.com,

    Kami dari Vemale.com, situs wanita grup dari KapanLagi.com.
    Apakah kita bisa kerjasama untuk bertukar link?

    Anda bisa menampilkan link Vemale.com di http://rumahtamanku.blogspot.com,
    Untuk posisi link-nya, kami berharap link dari Vemale.com diletakkan di sidebar kanan.
    Dan kami akan menampilkan link http://rumahtamanku.blogspot.com di halaman Vemale.com: hhttp://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur, sesuai dengan kategori tips dapur. Jika berkenan silahkan menghubungi kami via email di Humas@kapanlagi.net dengan menyertakan email ini.

    Terima kasih atas kerjasamanya :)
    Salam,

    -- Humas Vemale.com
    Ari Rahmawati

    BalasHapus