Rabu, 27 Mei 2009

Namanya juga orang asing ..hal hal yang beda dan asing di negeri sendiri sering menjadi pusat perhatian dan bahan renungan..apalagi di jepang yang nota bene memang lebih maju bertahun tahun dibanding kita kita dalam hal tecnology dan ilmu pengetahuan tentunya….. brak bruk brak bruk tetangga sebelah ketika mbongkar rumah cepetnya ..jadi keinget kalau di kampung bongkar bongkar rumah atau mbagun rumah yang harus mengerahkan puluhan orang.

Tapi di kampungnya jepang beda,.. cukup mesin alat berat dan 3-4 orang dah cukup..namanya juga negara maju nah kalau di kampung gue mana mungkin kuat nyewa alat beratnya ala jepang buat ambrukin rumah lama..atau angkat angkat material,.. ya mau tak mau nyewa tukang ma kulinya dan begitu mulai mbangun..plak plek plak plek..tiga bulan rumah ga kelar kelar..

cimg0016

memang meski bentuk bangunan biasa biasa saja dan bentuk desain nya memang begitu begitu saja di jepang ,tapi soal mbangun juga ga sembarangan ..Apalagi jepang sebagai negara yang banyak gempa bumi nya..halah Indonesia juga banyak wong sama banyak gunung berapinya juga..tapi dari segi konstruksi meski kayu sangat dominan dalam pembuatan rumah di jepang soal kekuatan ga usah di ragukan,.. pondasi ga main main apalagi cor coran betonnya. ..Kalau tak amati cara mbangun nya tetangga yang ku intip dari jendela apartemen ,..rumah 2 lantai yang ukurannya lumayan besar itu ga sampe 3minggu dah berwujud rumah meski pekerjanya ga lebih dari 5 orang..

Nah soal kontrusi bangunan rumah nih,..sebuah agen perumahan sekisuihouse di jepang juga menemukan inovasi kontruksi bangunan rumah dengan brake atau peredam pada saat terjadi guncangan gempa..sehingga meski terjadi gempa dan bergoyang akan di redam oleh brake yang terpasang di kontruksi rangka bangunananya..yaah tentunya brake ini ga mungkin bisa terpasang untuk rumah yang temboknya dari batako seperti di Indonesia yang meski kelihatan kokoh sekali goyang ..gubraaakkk..rontok alias ambrol..

sheqas_index_img_001

teknologi kontruksi rumah memakai brake ala sekisui house

Jadi ya gue cuma geleng geleng aja kalau itung itungan teknologi dengan jepang …yo wis ngaku kalah ..meski rumah rumah di kampung megah megah dan catnya warna warni tapi kalau di bandingkan rumah rumah jepang yang designya cuma itu itu aja..saat di goyang gempa tak jamin rumah rumah ala kita lebih banyak ambrol..



Sumber: beborn.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar